Pada tanggal 5 Februari 2012 yang lalu, James Bond merayakan hari ulang tahunnya yang ke -50. Ciri khas yang dimiliki sosok agen paling tangguh badan intelegen Inggris ini memang kuat dan tak banyak yang bisa menandingi.

Kalau pun tidak ada yang bisa menandingi, bukan jadi halangan para sineas untuk memparodikannya. Dalam sejarah perfilman, telah banyak film parodi James Bond dibuat.

Berikut ini 10 film parodi James Bond versi Hecklerspray.com yang berhasil membuat sosok agen 007 ini bagai lelucon. Banyaknya parodi yang telah dibuat seakan menjadi kado manis bagi James Bond, karena imejnya yang telah begitu mengakar pada budaya pop masyarakat, khususnya dalam bidang perfilman.

1. DR GOLDFOOT AND HIS BIKINI MACHINE

Dengan lagu temanya dinyanyikan oleh The Supremes, DR GOLDFOOT AND HIS BIKINI MACHINE menjadi film tahun 65 yang mirip-mirip dengan film James Bond, GOLDFINGER. Tanpa harus peduli dengan keseluruhan cerita, film ini menyuguhkan para robot wanita dengan pakaian bikini emas mereka. Hanya itu yang dibutuhkan oleh para penonton.

2. CARRY ON SPYING

Film parodi tahun 1964 ini adalah seri kesembilan film CARRY ON. Kenneth Williams sang tokoh utama mencuri perhatian lewat perannya sebagai agen bersuara melengking ini. Tokoh Agent Double O-oh! yang diperankan Charles Hawtrey pun mencuri perhatian lewat adegan-adegan slapstiknya.

3. OPERATION KID BROTHER

Film ini juga dikenal sebagai OK CONNERY. Film yang sangat lucu ini adalah parodi yang mengisahkan agen Italia yang bertugas menggantikan agen terbaik Inggris yang saat itu sedang cuti. Uniknya parodi ini adalah produsernya menggaet adik kandung Sean Connery (pemeran Bond), yakni Neil Connery untuk bermain di dalamnya. Sayang, pihak produser mendubbing suara Connery dengan dubber yang terdengar lebih Amerika.

 4. RUSS ABBOTT'S BASILDON BOND

Russ Abbott adalah komedian yang paling tenar di tahun 1970-an saat film ini dibuat. Siapa yang tidak bakal tertarik menonton film parodi James Bond dengan Russ sebagai bintang utamanya?

 5. PG TIPS BROOK BOND

Para simpanse berakting minum teh dengan jenggot palsu dan memegang senjata. Tanpa perlu berdebat, film ini jelas lebih lucu dibandingkan dengan semua film Bond yang dijadikan satu.

6. KISS THE GIRL AND MAKE THEM DIE

KISS THE GIRL AND MAKE THEM DIE dibuat tahun 1966. Film ini memparodikan film MOONRAKER dengan cara yang mengocok perut, terutama senjata sang agen yang berupa kulit pisang. Judulnya yang mewah juga menjadi salah satu nilai plus parodi ini.

7. THE LAST OF SECRET AGENTS

Dua warga Amerika di Paris direkrut oleh Good Guys Institute (GGI) untuk menghentikan organisasi THEM yang ingin mencuri Venus De Milo. Terlepas dari filmnya, soundtrack film ini juga patut diacungi jempol karenan dinyanyikan oleh Nancy Sinatra dan hasilnya terdengar fantastis.

8. SPY HARD

Ini adalah film yang dibintangi Leslie Nielsen, bintangnya parodi film barat. Tentu tak ada lagi yang harus diperdepatkan. Aksi Dick Steele (what a name) ini pastinya sangat lucu.

9. JOHNNY ENGLISH

Rowan Atkinson berhenti jadi Mr Bean dan mulai menghancurkan banyak mobil mahal demi memparodikan Bond dengan gaya yang lebih Amerika daripada terlihat Eropa.

10. MR BOND

Baru kali ini film James Bond diparodikan oleh sineas India, dalam genre musikal pula. Dengan bintangnya Akshay Kumar yang membuat Bond memakai tracksuit kuning dan mampu bernyanyi.

0 komentar:

Posting Komentar